Biaya produk
Seluruh produk di Xendit memiliki biaya yang telah ditetapkan untuk transaksi tersebut. Terdapat perbedaan pada tipe biaya dan kisaran biaya tergantung dari produk yang digunakan. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana biaya dan PPN (pajak pertambahan nilai) diterapkan dalam transaksi Anda.
Berikut informasi biaya terbaru yang ditetapkan untuk setiap produk yang ditawarkan.
Biaya & PPN
Indonesia
Virtual Account – Aggregator
- Tipe Biaya: Biaya Tetap
- Biaya Standar: IDR 4,000
Virtual Account – Switcher
- Tipe Biaya: Biaya Tetap + Biaya Bank
- Biaya Standar:
IDR 2,000 + Biaya Bank*
IDR 5,000 (DBS) + Bank fee** Biaya bank ditentukan oleh masing-masing bank dan berdasarkan kesepakatan langsung antara pedagang dan bank
Retail Outlet
- Tipe Biaya: Biaya tetap / Persentase
- Biaya Standar:
IDR 5,000 (Alfamart)
IDR 5,000-10,000 or 1.5% – (Indomaret)** Harga akan ditentukan oleh Indomaret berdasarkan industri bisnis
Credit Cards – Aggregator
- Tipe Biaya: Biaya tetap / Persentase
- Biaya Standar: IDR 2,000 + 2.9%
Credit Cards – Switcher
- Tipe Biaya: Biaya tetap / Persentase
- Biaya Standar: IDR 2,000 + Biaya Persentase Bank
Ewallet
- Tipe Biaya: Persentase
- Biaya Standar:
- 1.5% (DANA)
- 1.5% (AstraPay)
- 2% (JeniusPay)
- 1.5% – 3.18% (OVO)
- 2.73% OVO berlaku untuk Pedagang Indonesia yang menjual konten digital
- 3.18% OVO berlaku untuk Pedagang Asing yang menjual konten digital
- 2% – 4% (ShopeePay)
- 2% ShopeePay berlaku untuk Pedagang Retail (termasuk PPN)
- 4% ShopeePay berlaku untuk Pedagang yang menjual Produk Gaming, Konten, dan Digital (termasuk PPN)
- 1.5% – 3.15% (LinkAja)
- 2.7% LinkAja berlaku untuk Pedagang Indonesia yang menjual Produk Gaming, Konten dan Digital
- 3.15% LinkAja berlaku untuk Pedagang Asing yang menjual Produk Gaming, Konten, dan Digital
- 1.5% LinkAja berlaku untuk pedagang lainnya
Paylater
- Tipe Biaya: Persentase
- Biaya Standar:
1.7% (Akulaku)
5% (Atome)
1.75% (Indodana)
2.3% (Kredivo)
1.8% (UangMe)
QRIS
- Tipe Biaya: Persentase
- Biaya Standar: 0.7% (termasuk PPN)
Direct Debit
- Tipe Biaya: Persentase + Biaya Bank
- Biaya Standar:
1.9% (BRI)
IDR 4.500 (Mandiri)
IDR 2.500 + Bank fee (BCA KlikPay – Switcher)** Biaya bank ditentukan oleh masing-masing bank, berdasarkan kesepakatan langsung antara merchant dan bank.
Disbursements
- Tipe Biaya: Biaya Tetap
- Biaya Standar: IDR 5,000
Cara Melakukan Pembayaran di Portal Pelanggan
Pembayaran Otomatis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sbb:
1. Login ke Portal Pelanggan member Harmonika ID dan masukan ID Pelanggan dan password, klik disini
2. Pilih Ke Menu Pesan Notifikasi Penagihan atau Menu Invoice
3. Silakan klik tombol Bayar Disini dibagian atas invoice
4. Pada halaman selanjutnya anda akan menerima notifikasi cara pembayaran sesuai channel pembayaran yang ada gunakankan dan ikuti sesuai petunjuk.
5. Selesai.
Jika anda mempunyai pertanyaan seputar tagihan anda, silahkan hubungi :
Harmonika ID
Jl Mangga No.02 Rt 02/05 Pasir Putih Sawangan Depok 16519
02177976444 / 0811130291
Bagaimana Cara Membayar Di Portal Pelanggan
Pelanggan dapat membayar ke Virtual Account Anda melalui ATM, mobile banking, dan internet banking. Namun, harap diperhatikan bahwa metode pembayaran berbeda tergantung bank pengirim.
Harmonika ID menyediakan metode pembayaran otomatis untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran. Adapun metode pembayaran yang tersedia adalah sebagai berikut:
Bank Virtual Account
1. VA ATM Bersama
2. VA Bank BRI
3. VA Bank BSI
4. VA Bank BNI
5. VA Bank MANDIRI
6. VA Bank BCA
7. VA Bank Permata
8. VA Bank BJB
9. VA Bank Sahabat Sampoerna
E-Wallet
1. LINKAJA E-MONEY
2. DANA DOMPET DIGITAL
3. SHOPEEPAY
4. QRIS ( SCAN QR-CODE )
Bayar di toko
1. Alfamart/Lawson/DAN+DAN
QRIS (OVO, Dana, LinkAja, QR BCA, Jenius)
PEMBAYARAN QRIS Melalui (OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, QR BCA, Jenius)
Kini kamu bisa melakukan pembayaran tagihan Internet dengan menggunakan QR Code QRIS yang bisa di scan di beberapa aplikasi pembayaran, seperti :
1. LinkAja
2. Shopeepay
3. Dana
4. QR BCA Mobile
5. QR Sakuku
6. OVO
7. QR Jenius
8. BluePay by BlueMart
9. BPD Bali
Cara Melakukan Pembayaran Virtual Account
Bagaimana Cara Membayar Virtual Account dari Bank yang sama
Untuk mendapatkan kode pembayaran silakan Login ke Portal Pelanggan member Harmonika ID klik disini
Pelanggan dapat membayar ke Virtual Account Anda melalui ATM, mobile banking, dan internet banking. Namun, harap diperhatikan bahwa metode pembayaran berbeda tergantung bank pengirim.
Kami sangat menyarankan agar nasabah membayar ke Virtual Account menggunakan bank yang sama, yaitu jika Anda memiliki Mandiri, silakan gunakan Virtual Account Mandiri. Jika tidak ada rekening bank yang tersedia, kami sarankan untuk membayar ke BNI Virtual Account untuk transfer antar bank. Transfer antar bank yang menggunakan selain dari BNI Virtual Account memiliki risiko penyelesaian yang tertunda dan bisa memakan waktu hingga 24 jam.
Untuk DBS Virtual Account, pelanggan Anda hanya dapat membayar ke Virtual Account melalui international/telegraphic transfer dari akun bank di luar Indonesia. Mereka harus menandakan bahwa biaya transfer akan ditanggung oleh pengirim dengan memilih detail biaya “OUR” ketika pembayaran.
VIA ATM
LANGKAH 1: TEMUKAN ATM TERDEKAT
1. Masukkan ATM dan tekan “Bahasa Indonesia” 2. Masukkan PIN, lalu tekan “Benar” 3. Pilih “Pembayaran”, lalu pilih “Multi Payment”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Masukkan kode perusahaan ‘88908’ (88908XENDIT) untuk closed amount VA dan ‘88608’(88608 XENDIT) untuk open amount VA, lalu tekan’BENAR’ 2. Masukkan Nomor Virtual Account 88908988586665460 (contoh), lalu tekan ‘BENAR’ 3. Untuk open amount VA, masukkan nominal yang ingin di transfer, lalu tekan “BENAR” 4. Informasi pelanggan akan ditampilkan, pilih nomor 1 sesuai dengan nominal pembayaran kemudian tekan “YA” 5. Konfirmasi pembayaran akan muncul, tekan “YES”, untuk melanjutkan
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Simpan bukti transaksi anda 2. Transaksi anda berhasil 3. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA INTERNET BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka situs Mandiri Internet Banking
https://ibank.bankmandiri.co.id 2. Masuk menggunakan USER ID dan PASSWORD anda 3. Buka halaman beranda, kemudian pilih “Pembayaran” 4. Pilih “Multi Payment”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih 88908 XENDIT (untuk closed VA) dan 88608 XENDIT (untuk open VA) sebagai penyedia jasa 2. Masukkan Nomor Virtual Account 88908988586665460 (contoh) 3. Lalu pilih Lanjut 4. Apabila semua detail benar tekan “KONFIRMASI” 5. Masukkan PIN / Challenge Code Token
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Setelah transaksi pembayaran Anda selesai, simpan bukti pembayaran 2. Invoice ini akan diperbarui secara otomatis. Ini bisa memakan waktu hingga 5 menit
VIA MOBILE BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka aplikasi Livin by Mandiri, masukkan PASSWORD atau lakukan verifikasi wajah 2. Pilih menu “IDR Transfer” 3. Pilih “Transfer to new recipient”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Masukkan Nomor Virtual Account 88908988586665460 (contoh) 2. Konfirmasi detail VA dan klik “Continue”
3. Masukkan nominal yang ingin dibayarkan (Jika VA merupakan closed VA, maka nominal akan otomatis terisi) 4. Tinjau dan konfirmasi detail transaksi anda, lalu klik “Continue” 5. Selesaikan transaksi dengan memasukkan MPIN anda
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Setelah transaksi pembayaran Anda selesai, simpan bukti pembayaran 2. Invoice ini akan diperbarui secara otomatis.
VIA ATM
LANGKAH 1: TEMUKAN ATM TERDEKAT
1. Masukkan kartu, kemudian pilih bahasa dan masukkan PIN anda 2. Pilih “Transaksi Lain” dan pilih “Pembayaran” 3. Pilih menu “Lainnya” dan pilih “Briva”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Masukkan Nomor Virtual Account 92001988572642231 dan jumlah yang ingin anda bayarkan 2. Periksa data transaksi dan tekan “YA”
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA INTERNET BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka situs https://ib.bri.co.id/ib-bri/, dan masukkan USER ID dan PASSWORD anda 2. Pilih “Pembayaran” dan pilih “Briva”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Masukkan Nomor Virtual Account 92001988572642231 dan jumlah yang ingin anda bayarkan 2. Masukkan password anda kemudian masukkan mToken internet banking
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA MOBILE BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka aplikasi BRI Mobile Banking, masukkan USER ID dan PIN anda 2. Pilih “Pembayaran” dan pilih “Briva”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Masukkan Nomor Virtual Account anda 92001988572642231 dan jumlah yang ingin anda bayarkan 2. Masukkan PIN Mobile Banking BRI
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA ATM
LANGKAH 1: TEMUKAN ATM TERDEKAT
1. Masukkan kartu ATM anda 2. Pilih bahasa 3. Masukkan PIN ATM anda
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih “Menu Lainnya” 2. Pilih “Transfer” 3. Pilih jenis rekening yang akan anda gunakan (contoh: “Dari Rekening Tabungan”) 4. Pilih “Virtual Account Billing” 5. Masukkan Nomor Virtual Account anda contoh: 8808988556620621
6. Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi 7. Konfirmasi, apabila telah sesuai, lanjutkan transaksi
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA INTERNET BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka situs https://ibank.bni.co.id 2. Masukkan User ID dan Password
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih menu “Transfer” 2. Pilih menu “Virtual Account Billing” 3. Masukkan Nomor Virtual Account contoh: 8808988556620621 4. Lalu pilih rekening debet yang akan digunakan. Kemudian tekan “Lanjut”
5. Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi 6. Masukkan Kode Otentikasi Token
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA MOBILE BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Akses BNI Mobile Banking melalui handphone 2. Masukkan User ID dan Password 3. Pilih menu “Transfer”
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih menu “Virtual Account Billing”, lalu pilih rekening debet 2. Masukkan Nomor Virtual Account anda contoh: 8808988556620621 pada menu “Input Baru” 3. Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi 4. Konfirmasi transaksi dan masukkan Password Transaksi
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA ATM
LANGKAH 1: TEMUKAN ATM TERDEKAT
1. Masukkan Kartu ATM BCA 2. Masukkan PIN
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih menu “Transaksi Lainnya” 2. Pilih menu “Transfer” 3. Pilih menu “ke Rekening BCA Virtual Account” 4. Masukkan Nomor Virtual Account Anda contoh: 700701598855309526. Tekan “Benar” untuk melanjutkan 5. Di halaman konfirmasi, pastikan detil pembayaran sudah sesuai seperti No VA, Nama, Perus/Produk dan Total Tagihan, tekan “Benar” untuk melanjutkan 6. Tekan “Ya” jika sudah benar
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA INTERNET BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Lakukan log in pada aplikasi KlikBCA Individual https://ibank.klikbca.com 2. Masukkan User ID dan PIN
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih “Transfer Dana”, kemudian pilih “Transfer ke BCA Virtual Account” 2. Masukkan Nomor Virtual Account contoh: 700701598855309526 3. Pilih “Lanjutkan” 4. Masukkan “RESPON KEYBCA APPLI 1” yang muncul pada Token BCA anda, kemudian tekan tombol “Kirim”
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA MOBILE BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka aplikasi BCA Mobile 2. Pilih menu “m-BCA”, kemudian masukkan kode akses m-BCA
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih “Transaction” lalu pilih “m-Transfer”, kemudian pilih “BCA Virtual Account” 2. Masukkan Nomor Virtual Account anda contoh: 700701598855309526, kemudian tekan “OK” 3. Tekan tombol “Kirim” yang berada di sudut kanan atas aplikasi untuk melakukan transfer
4. Tekan “OK” untuk melanjutkan pembayaran 5. Masukkan PIN Anda untuk meng-otorisasi transaksi
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA ATM
LANGKAH 1: TEMUKAN ATM TERDEKAT
1. Masukkan kartu ATM Permata anda 2. Masukkan PIN
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih menu “Transaksi Lainnya” 2. Pilih menu “Pembayaran” 3. Pilih menu “Pembayaran Lainnya” 4. Pilih menu “Virtual Account” 5. Masukkan Nomor Virtual Account 7293988549175775 6. Lalu pilih rekening debet yang akan digunakan 7. Konfirmasi detail transaksi anda
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA INTERNET BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka situs https://new.permatanet.com 2. Masukkan User ID dan Password
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN
1. Pilih “Pembayaran Tagihan” 2. Pilih “Virtual Account” 3. Masukk Nomor Virtual Account 7293988549175775 4. Periksa kembali detail pembayaran anda 5. Masukkan otentikasi transaksi/token
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
VIA MOBILE BANKING
LANGKAH 1: MASUK KE AKUN ANDA
1. Buka aplikasi PermataMobile Internet 2. Masukkan User ID dan Password
LANGKAH 2: DETAIL PEMBAYARAN 1. Pilih “Pembayaran Tagihan” 2. Pilih “Virtual Account” 3. Masukkan Nomor Virtual Account Anda 7293988549175775 4. Masukkan otentikasi transaksi/token
LANGKAH 3: TRANSAKSI BERHASIL
1. Transaksi Anda telah selesai 2. Setelah transaksi anda selesai, invoice ini akan diupdate secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit
Pembayaran Alfamart/Lawson/DAN+DAN gabungan uang Tunai dan Kartu Debit/Prepaid/E-Wallet
1. Kunjungi gerai Alfamart/Lawson/DAN+DAN terdekat sebelum kode pembayaran kedaluwarsa.
2. Informasikan ke Kasir untuk melakukan pembayaran ke produk/servis anda dengan menyatakan nama Brand Anda.
3. Berikan informasi KODE PEMBAYARAN yang tertera di Aplikasi atau Website kepada kasir.
4. Jika anda memiliki barcode, dapat memberikan barcode tersebut ke kasir untuk di scan/pindai.
5. Pastikan jumlah pembayaran di tempat anda berbelanja sama dengan jumlah yang diberitahukan oleh kasir.
6. Informasikan pada kasir jika anda ingin membayar dengan kombinasi/gabungan uang tunai dan Kartu Debit/Prepaid Card atau E-wallet.
7. Jumlah uang tunai maksimal yang diperbolehkan hanya Rp. 2,500,000 sisanya dapat menggunakan metode Kartu Debit/Prepaid Card atau E-wallet.
8. Konfirmasi pembayaran dengan memberikan uang tunai serta Kartu Debit/Prepaid atau informasi E-wallet pada kasir.
9. Minta struk pembayaran sebagai bukti transaksi dari Alfamart.
10. Pembayaran Alfamart anda sudah selesai.